11 Nama Tempat Wisata Menarik yang Ada di Ambon Maluku

Mungkin saja Anda pernah mendengar arti " Ambon Manise ". Arti " Ambon Manise " itu umum diserukan untuk memberikan pujian pada keindahan kota Ambon. Ambon sudah disinggahi oleh sebagian bangsa dari mulai Arab, Eropa, hingga Cina lantaran tertarik dengan kekayaan alam dari kota Ambon ini. Bahkan juga bangsa Cina di era ke-7 pernah menyebutkan daratan ini sebagai oasis di dalam lautan.


Sesudah kian lebih 10 era berlalu, Ambon tetaplah tidak kehilangan pesonanya. Keindahan alamnya yang terhampar luas, satu diantaranya sebut saja Pantai Liang serta Nusa Pombo meyuguhkan pemandangan pantai yang mengagumkan. Tersebut daftar obyek wisata di Ambon yang menarik serta harus buat anda kunjungi.

1. Pantai Liang Ambon
Pantai Liang Ambon

Pantai Liang juga dimaksud Pantai Hunimua terdapat di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Ambon. Kurang lebih sekitaran 40 km dari pusat kota Ambon. Pantai ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah yang ada di Indonesia pada th. 1991. Hal semacam ini bukanlah tanpa ada argumen, obyek wisata di Ambon mempunyai hamparan pasir putih dengan air yang jernih kebiruan, tentunya anda akan tidak jemu nikmati keindahannya.


Ombak di pantai ini dapat tidaklah terlalu besar hingga pas sebagai tempat bermain air. Pasirnya yang landai dapat juga anda pakai untuk berjemur dibawah mentari serta nikmati hawa sejuk dibawah jejeran pohon-pohon yang rindang. Untuk masuk ke lokasi Pantai Liang ini anda mesti membayar Rp 15. 000.

2. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu Ambon

Pemandian Air Panas Negeri Tulehu Ambon

Pemandian Air Panas Negeri Tulehu ada di daerah perbukitan, bila darai pusat kota Ambon sekitaran 30 km. Di sini ada 2 buah kolam dengan suhu air yang tidak sama. Sarana yang ada di sini, seperti gazebo, ruang ubah serta tempat karaoke namun ada tarifnya yakni 2. 500 Rupiah per lagu.

Suhu air di pemandian ini sekitar pada 57 hingga 70 derajat Celcius serta diakui dapat mengobati penyakit kulit serta rematik. Di tempat ini terdapat beberapa yang jual makanan seperti ketela rebus, mie rebus, teh serta kopi hangat. Jadi Anda tak perlu cemas bila terasa lapar.


Untuk dapat masuk obyek wisata ini serta berendam di kolam air panasnya, Anda mesti membayar 5. 000 Rupiah.

3. Pantai Natsepa Ambon

Pantai Natsepa Ambon

Masihlah ada di kecamatan yang sama juga dengan Pantai Liang, ada Pantai Natsepa yang banyak juga tawarkan keindahan khas pantai. Airnya yang begitu jernih bikin ikan yang berenang di laut ini gampang diliat.


Bila Anda jemu memancing di pinggir pantai, Anda bisa menyewa satu perahu dengan tarif 20. 000 Rupiah per jam. Dengan menyewa perahu, Anda dapat rasakan sensasi memancing di laut yang terlepas. Anda juga dapat beli ikan fresh di pasar ikan yang berjarak sekitaran 700 mtr..

4. Pulau Pombo Ambon

Pulau Pombo Ambon

Nusa Pombo dapat Anda tempuh sekitaran satu jam dari pelabuhan Ambon dengan memakai speed boat. Pulau Pombo ini tak ada penghuninya, jadi baiknya Anda membawa bekal makanan serta minuman seperlunya. Bila Anda menginginkan bermalam di sini, Anda bisa membangun tenda. Oleh karena itu, janganlah lupa juga membawa perlengkapan berkemah serta bersiaplah untuk lakukan petualangan yang seru ditempat ini.

Ada beragam aktivitas yang bisa dikerjakan di Pulau Pombo ini seperti berenang, menyelam, snorkeling serta trekking melingkari pulau. Obyek wisata di Ambon yang satu ini di kenal mempunyai kekayaan alam bawah laut hingga begitu pas jadikan tempat menyelam yang mengasyikkan.

5. Pantai Pintu Kota Ambon

Pantai Pintu Kota Ambon

Terkecuali jadi ikon kota, Pantai ini dapat jadi obyek wisata di Ambon yang banyak dikunjungi. Tetapi tidak sama dengan pantai-pantai terlebih dulu yang memiliki hamparan pasir untuk berjemur, pantai ini banyak dipenuhi batuan karang. Walau demikian bukanlah bermakna Pantai Pintu Kota ini kalah cantik dengan yang lain.


Hal yang menarik dari Pantai Pintu Kota yakni ada satu tebing karang rakasa dengan lubang besar mirip satu pintu yang menjorok ke laut. Percikan air laut akibat laju ombak yang menghantam tebing karang jadi satu diantara panorama favorite untuk pengunjung. Umumnya obyek wisata ini jadikan photo sampul untuk majalah wisata alam. Bukan sekedar itu, ada tebing karang di sini juga kerapkali dipakai untuk latar photo prewedding untuk umumnya pasangan.

6. Pantai Santai Ambon

Pantai Santai Ambon

Sesuai sama namanya, pantai ini pas sekali dipakai untuk tempat bersantai. Perasaan capek serta jemu akibat kebiasaan keseharian bakal terbayarkan obyek wisata di Ambon ini. Anda dapat nikmati panorama pantai ini sembari pesan pisang goreng serta teh manis yang disebut kuliner andalan ditempat ini.


Anda menginginkan menyelam serta snorkeling tetapi malas untuk membawa perlengkapannya? Tenang saja, di sini ada juga tempat penyewaan alat selam serta snorkeling. Jadi Anda dapat nikmati keindahan alam bawah laut Pantai Enjoy tanpa ada mesti bebrapa ribet membawa peralatan selam dari tempat tinggal.

7. Benteng Ferangi Ambon


Benteng Ferangi ini yaitu benteng pertahanan yang dulunya di bangun oleh Portugis th. 1575. Benteng ini dapat dimaksud Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Dahulunya benteng ini dipakai sebagai pusat pemerintahan serta sekalian area untuk menyimpan rempah-rempah terutama Indonesia sisi timur.


Saat ini bangunan bersejarah Benteng Ferangi jadi satu diantara obyek wisata menarik di Ambon yang banyak dikunjungi. Jika Anda termasuk juga pengagum wisata histori, janganlah lupa untuk memasukkan benteng ini kedalam catatan kunjungan Anda. Waktu masuk ke ruang benteng, Anda bakal panorama meriam-meriam lama yang memiliki ukuran raksasa. Anda dapat juga lihat peta perubahan kota Ambon dari saat ke saat serta beragam benda histori peninggalan Belanda serta Portugis di sini.

8. Museum Siwalima Ambon

Museum Siwalima Ambon

Sama dengan umumnya kota yang lain, kota Ambon juga memiliki museum yang diisi benda-benda seni budaya. Nama museum ini yaitu Museum Siwalima yang terbagi dalam dua bangunan paling utama yakni museum etnografi serta museum kelautan.

Di museum etnografi, Anda dapat lihat benda-benda yang terkait dengan seni serta budaya asli dari suku di Maluku dari mulai baju tradisional, miniatur tempat tinggal kebiasaan, peralatan rumah tangga sampai guci-guci peninggalan Jepang.

9. Benteng Amsterdam Ambon

Benteng Amsterdam Ambon

Benteng Amsterdam adalah satu diantara benteng peninggalan penjajah yang ada di Ambon yang di bangun di th. 1512. Bentuk benteng Amsterdam ini seperti tempat tinggal umum yang mempunyai tiga lantai. Lantai pertama dijadikani tempat tidur untuk beberapa prajurit. Lantai ke-2 sebagai ruangan pertemuan serta lantai ketiga untuk pos pemantau. Terkecuali dari 3 lantai bangunan paling utama itu, masihlah ada pula satu menara yang juga dipakai untuk memonitor.


Benteng Amsterdam yaitu benteng ke-2 di Ambon yang di bangun sesudah Kastee van Verre. Sebelumnya jadikan sebagai benteng pertahanan, benteng ini dahulunya juga jadikan tempat untuk menyimpang rempah-rempah hasil rampasan. Bila Anda menginginkan bertandang ke sini, benteng ini terdapat di Kecamatan Hila, Ambon. Untuk masuk ke benteng ini tak dipakai tarif dengan kata lain gratis.

10. Masjid Wapaue Ambon

Masjid Wapaue Ambon

Kekhasan dari masjid Wapaue yaitu tak diketemukannya paku di bangunannya yang di buat dari pelepah sagu. Diluar itu, masjid ini dapat menaruh satu Al Quran yang ditulis dengan tangan serta timbangan beras kuno untuk zakat fitrah. Awalannya bangunan Masjid ini cuma berkuran 10 x 10 mtr. serta tak mempunyai serambi, tetapi saat ini telah ada serambi serta tempat berwudhu, tetapi ukuran ruangan intinya tetap masih 10 x 10 mtr..

Terkecuali koleksi serta bangunannya yang unik, masjid ini rupanya juga diakui dapat beralih tempat dengan sendirinya. Masjid Wapauwe ini di bangun pada th. 1414 di Wawane, lantas dipindahkan warga ke Tehala yang jaraknya sekitaran 6 km dari tempat awalannya. Pada th. 1614, masjid ini beralih tempat sendiri ke Desa Atetu atau Kaitetu yang disebut tempat dari masjid saat ini.

11. Monumen Patung Christina Martha Tiahahu Ambon


Monumen Patung Christina Martha Tiahahu Ambon

Monumen Patung Christina Martha Tiahahu didirikan di kota Ambon sebagai bentuk penghargaan layanan pahlawan wanita yakni Christina Martha Tiahahu. Beliau lakukan tindakan mogok makan serta lalu jasadnya dibuang ke laut. Untuk Anda yang tertarik bertandang ke wisata budaya, monumen Patung Christina Martha Tiahahu dapat jadi alternatif pilihan maksud wisata Anda. Letak monumen ini di bukit Karang Panjang, tampak terang sekali dari pusat Kota Ambon.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mari berwisata ke Ambon.... jadikan Ambon sebagai destinasi wisata anda berikutnya, kunjungi link dibawah untuk sewa mobil di Ambon karena kami yang selalu menemani anda....

    PAKET ANTAR JEMPUT BANDARA


    PAKET LAINNYA

    BalasHapus